Senin , Juli 8 2024

PERKUATAN JEJARING LINTAS SEKTOR DALAM PENGAWASAN KEAMANAN OBAT DI SUMATERA UTARA

Hai #SahabatBPOM,

Pada tanggal 12-14 Juni 2024, Badan POM melaksanakan kegiatan advokasi, Focus Group Discussion (FGD), dan Bimbingan Teknis farmakovigilans yang merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka perkuatan jejaring lintas sektor dalam pengawasan keamanan obat di Sumatera Utara.

Kegiatan dimulai dengan advokasi farmakovigilans di Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara dan 5 rumah sakit terpilih di Kota Medan pada tanggal 12 – 13 Juni 2024 untuk mendapatkan dukungan dan komitmen dalam penerapan farmakovigilans melalui penunjukan Focal Point Farmakovigilans di masing – masing instansi. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Farmakovigilans pada tanggal 13 Juni 2024 yang diikuti perwakilan dari akademisi, asosiasi profesi kesehatan, dan tenaga kesehatan yang ada di Sumatera Utara. Pada kesempatan ini, Dra. Rita Endang, Apt., MKes, Deputi Bidang Pengawasan Obat, Narkotika, Psikotropika, Prekursor, dan Zat Adiktif, mengajak perwakilan yang hadir untuk memberikan dukungan dalam penerapan farmakovigilans di Indonesia untuk mewujudkan keselamatan pasien (patient safety).

Pada tanggal 14 Juni 2024 dilaksanakan Bimbingan Teknis Farmakovigilans bagi tenaga kesehatan di beberapa Kabupaten / Kota di Sumatera Utara untuk membekali tenaga kesehatan dengan materi mengenai farmakovigilans dan juga dilakukan simulasi pelaporan Kejadian Tidak Diinginkan / Efek Samping Obat (KTD/ESO). Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat semakin meningkatkan efektivitas penerapan farmakovigilans di Indonesia.

#BPOMRI
#Farmakovigilans
#ObatAman
#KMEIONPPZA
#DitwasKMEIONPPZA
#KMEIWBBM
#HaloBPOM1500533

Check Also

UJI COBA KEBERTERIMAAN SISTEM E-BPOM NPP

Halo #SahabatBPOM, dalam rangka meningkatkan pelayanan publik Ditwas KMEIONAPPZA khususnya penerbitan Analisis Hasil Pengawasan (AHP) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kunjungi Subsite e-meso e-meso.pom.go.id