Kamis , Mei 16 2024

Perkuatan Jejaring Lintas Sektor dalam Pengawasan Keamanan Obat di Yogyakarta

Hai #SobatKMEI

Badan POM sebagai sebagai Pusat Farmakovigilans / MESO Nasional menginisiasi langkah untuk perkuatan jejaring lintas sektor dalam pengawasan keamanan obat melalui pembentukan Focal Point Farmakovigilans di fasilitas pelayanan kesehatan dan Dinas Kesehatan.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah pelaporan efek samping obat melalui penunjukan focal point farmakovigilans yang kemudian akan dibekali pengetahuan mengenai farmakovigilans dan tata cara pelaporan KTD/ESO sesuai dengan standar pelaporan KTD/ESO yang ditetapkan Badan POM.

Pada kesempatan pertama, kegiatan ini dilaksanakan di Yogyakarta tanggal 15-16 September 2022. Ibu Dra. Tri Asti Isnariani, Apt, M.Pharm, selaku Plt. Direktur Pengawasan Keamanan, Mutu dan Ekspor Impor Obat NAPPZA dengan didampingi oleh staf dari Direktorat Pengawasan KMEI ONPPZA, Direktorat Standardisasi ONPPZA dan Balai Besar POM di Yogyakarta melakukan kunjungan ke Balai Besar POM di Yogyakarta, Dinas Kesehatan DI Yogyakarta, RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta, RSPAU dr. S. Hardjolukito, RSUD Sleman dan RS JIH dan berdiskusi langsung dengan pimpinan instansi bersangkutan.

Diharapkan dengan diskusi tersebut, akan didapatkan dukungan dan komitmen dalam perkuatan sistem farmakovigilans di Indonesia melalui penunjukan focal point farmakovigilans yang mewakili tiap instansi.

#BPOMRI
#Farmakovigilans
#ObatAman
#KMEIONPPZA
#DitwasKMEIONPPZA
#KMEIWBBM

Check Also

SINERGI LINTAS KEMENTERIAN/LEMBAGA SEBAGAI UPAYA PENGUATAN PENGAWASAN EKSPOR DAN IMPOR OBAT, NARKOTIKA, PSIKOTROPIKA, DAN PREKURSOR

Hai #SahabatBPOM Dalam rangka penyamaan persepsi dan peningkatan informasi terkait regulasi terkini tentang kegiatan pengawasan ekspor …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kunjungi Subsite e-meso e-meso.pom.go.id