Rabu , Mei 15 2024

Forum Komunikasi Pusat dan UPT Badan POM dalam Pengawasan Farmakovigilans

Hari Selasa, 21 Maret 2023, Badan POM menyelenggarakan forum komunikasi dalam rangka pengawasan farmakovigilans secara hybrid (luring dan daring) yang diikuti oleh petugas di Badan POM (Pusat), dan UPT Badan POM, serta Dinas Kesehatan Provinsi.

Pada kesempatan ini, Ketua Komite Nasional Pengkajian dan Penanggulangan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KOMNAS PP KIPI), Prof. Dr. dr. Hindra Irawan Satari, Sp.A(K), M.Trop.Paed., menyampaikan tentang KOMNAS dan KOMDA PP KIPI, dilanjutkan dengan paparan mengenai Pembinaan kepada Fasilitas Pelayanan Kesehatan terkait Keamanan Obat dan Vaksin di Provinsi DI Yogyakarta oleh Kepala Seksi Farmakmin dan Alkes Dinas Kesehatan Provinsi DI Yogyakarta, Dra. Anna Jovita Kartika Riantari, Apt. Selain itu, para peserta juga mendapatkan sharing informasi terkait dengan penerapan farmakovigilans di rumah sakit dan industri farmasi dari perwakilan RSUP Dr. M.Djamil Padang, PT Bio Farma, dan PT Dexa Medica.

Plt. Direktur Pengawasan Keamanan, Mutu, dan Ekspor Impor Obat, Narkotika, Psikotropika, Prekursor, dan Zat Adiktif, Nova Emelda, S.Si, MS, Apt., memaparkan kegiatan farmakovigilans yang melibatkan Pusat dan UPT Badan POM. Kegiatan ini merupakan sarana antara Badan POM dan UPT Badan POM untuk berdiskusi, mencari solusi dari kendala yang dihadapi dalam penerapan aktivitas farmakovigilans di wilayahnya. Melalui forum komunikasi ini diharapkan dapat meningkatkan efektivitas dan mempertajam koordinasi pusat da Balai Besar/Balai POM serta Loka POM dalam rangka mengawal keamanan obat beredar di masyarakat.

#BPOMRI
#Farmakovigilans
#ObatAman
#KMEIONPPZA
#DitwasKMEIONPPZA
#kmeiwbbm

Check Also

SINERGI LINTAS KEMENTERIAN/LEMBAGA SEBAGAI UPAYA PENGUATAN PENGAWASAN EKSPOR DAN IMPOR OBAT, NARKOTIKA, PSIKOTROPIKA, DAN PREKURSOR

Hai #SahabatBPOM Dalam rangka penyamaan persepsi dan peningkatan informasi terkait regulasi terkini tentang kegiatan pengawasan ekspor …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kunjungi Subsite e-meso e-meso.pom.go.id