Kamis , Mei 16 2024

Pelatihan Peningkatan Kompetensi Farmakovigilans di Kota Bandung – Jawa Barat

Badan POM melakukan pengawasan obat mulai dari pre hingga post market. Salah satu pengawasan post market dilakukan terhadap aspek keamanan obat beredar termasuk vaksin, yaitu melalui aktivitas Monitoring Efek Samping Obat atau MESO, atau yang saat ini dikenal dengan farmakovigilans. Farmakovigilans merupakan aktivitas untuk mendeteksi, menilai dan meminimalkan serta mencegah terjadinya efek samping dalam penggunaan obat.

Pada tanggal 8 – 9 Juni 2023, Badan POM menyelenggarakan Pelatihan Peningkatan Kompetensi Farmakovigilans di Kota Bandung, Jawa Barat. Kegiatan ini dihadiri oleh 80 peserta dari UPT Badan POM dan tenaga kesehatan, dengan narasumber Prof. Dr. Zullies Ikawati, Apt yang memaparkan mengenai Sistem Farmakovigilans di Indonesia, Pentingnya Farmakovigilans, Memahami Kejadian Tidak Diinginkan/Efek Samping Obat (KTD/ESO), Cara Pelaporan KTD/ESO, serta Studi Kasus Pelaporan KTD/ESO.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran tenaga kesehatan untuk melaporkan KTD/ESO yang dialami oleh pasien sehingga jumlah laporan KTD/ESO meningkat dan dapat memberikan gambaran profil laporan efek samping obat di Indonesia sehingga dapat dilakukan tindak lanjut untuk meningkatkan keamanan penggunaan obat dan mencapai jaminan keselamatan pasien.

#BPOMRI
#Farmakovigilans
#ObatAman
#KMEIONPPZA
#DitwasKMEIONPPZA
#KMEIWBBM

Check Also

SINERGI LINTAS KEMENTERIAN/LEMBAGA SEBAGAI UPAYA PENGUATAN PENGAWASAN EKSPOR DAN IMPOR OBAT, NARKOTIKA, PSIKOTROPIKA, DAN PREKURSOR

Hai #SahabatBPOM Dalam rangka penyamaan persepsi dan peningkatan informasi terkait regulasi terkini tentang kegiatan pengawasan ekspor …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kunjungi Subsite e-meso e-meso.pom.go.id